Hubungi Call Center PDAM Ketika Mengalami Masalah: 1Suara

Call center PDAM menjadi layanan wajib bagi warga. Itu karena, fasilitas air yang didapat sering kali mengalami masalah. PDAM sendiri merupakan singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum. Ini adalah badan usaha milik negara yang mengatur distribusi air kepada warga. Perusahaan ini telah bergerak lama dan digunakan oleh mayoritas warga.

Masalah yang dialami warga sendiri bisa berbagai macam. Intinya, masalah tersebut perlu diadukan agar kamu sebagai konsumen tidak merasa dirugikan. Namun, kebanyakan konsumen tidak tahu ketika kondisi apa saja harus menghubungi pusat layanan. Padahal, ada banyak kondisi dimana konsumen perlu menghubunginya.

Di antara banyaknya kondisi tersebut, terdapat beberapa kondisi yang paling urgent. Pada kondisi ini, menghubungi call center PDAM menjadi hal wajib. Sifat ragu-ragu dan malas menghubungi tidak bisa lagi ditolelir ketika masalah ini datang. Agar lebih jelas, berikut ulasan mengenai beberapa masalah yang membuat konsumen wajib menghubungi call center.

Air Tidak Mengalir Normal Seperti Biasanya

Masalah pertama yang membuat pelanggan wajib menghubungi call center adalah ketika air tidak mengalir normal. Biasanya, kondisi ini membuat alirannya hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Terdapat beberapa masalah yang mungkin menyebabkan gangguan pada aliran air ini. Masalah pertama biasanya berada pada pipa dinas pelanggan.

Pipa dinas pelanggan merupakan sumber awal pada aliran air menuju konsumen. Jika terjadi masalah pada pipa tersebut maka seluruh konsumen akan terkena imbasnya. Dengan menghubungi call center PDAM, pengecekan bisa dilakukan secara langsung. Itu karena, pipa dinas pelanggan lokasinya pasti berdekatan dengan kantor pusat.

Selain berhubungan dengan bagian awal, pipa pada posisi lain juga mungkin saja menghadapi masalah. Biasanya, masalah pertama berhubungan dengan suatu sumbatan. Ketika terdapat sumbatan pada aliran maka air tidak akan mengalir normal. Selain sumbatan, mungkin juga terjadi kebocoran. Mendeteksi kebocoran ini cukup memakai waktu.

Dengan menghubungi call center PDAM, tim ahli akan langsung dikerahkan sehingga masalah ini bisa teratasi. Selain karena masalah, tersendatnya aliran air juga bisa disebabkan oleh masalah teknis. Bisa saja, sedang dilakukan perbaikan pada satu bagian pipa. Dengan menghubungi CS, akan diketahui kapan perbaikan tersebut akan selesai.

Kemungkinan terakhir yang menjadi masalah paling buruk berhubungan dengan gangguan pada produksi. Biasanya, gangguan pada produksi terjadi karena suplai bahan baku yang kurang. Kekurangan suplai ini paling sering terjadi karena masalah kekeringan. Namun, bencana alam seperti banjir juga bisa menyebabkannya.

Bahkan, suplai bahan baku juga akan tersendat apabila listrik di pusat mati. Dengan melakukan komunikasi pada call center PDAM mengenai hal ini, kamu akan mengetahui masalah yang sedang terjadi sehingga tidak lagi merasa kesal tanpa mengetahui kepastian. Itu jelas merupakan sebuah keputusan cerdas.

Kondisi Air yang Mengalir Keruh dan Kotor

Selain ketika alirannya tidak normal, call center juga wajib dihubungi ketika kondisi air terlihat keruh atau kotor. Ini jelas berbahaya karena kotornya air dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Walaupun masih aman, kotornya air tersebut juga bisa membuat pengguna merasa tidak nyaman ketika menggunakannya.

Ketika menghubungi call center PDAM, akan dijelaskan mengenai alasan mengapa kondisi keruh bisa terjadi dan kapan permasalahan tersebut akan terselesaikan. Biasanya, kondisi kotor ini akan terjadi ketika sebelumnya aliran air tersendat. Ketika tersendat, kemungkinan paling besar adalah karena kebocoran pipa.

Kebocoran pipa ini membuat kemungkinan endapan air menjadi lebih besar. Endapan tersebut tentu kondisinya tidak bersih. Namun, permasalahan ini tidak akan berjalan lama. Jika kondisi kotor memang disebabkan oleh endapan akibat kebocoran, CS akan menyarankan kamu untuk membuang air yang keluar terlebih dahulu.

Setelah beberapa waktu, air yang keluar akan menjadi bersih karena air endapan kotornya sudah habis. Sebenarnya, permasalahan kotornya air akan lebih menyulitkan apabila disebabkan oleh adanya pengaturan suplai. Dalam kondisi normal, aliran akan memiliki tekanan standar sehingga seluruh bagian pipa tidak penuh.

Karena sering berada pada kondisi tidak penuh, bagian atas pipa lebih mungkin memunculkan kotoran. Ketika kotoran tersebut sudah bertambah banyak, akan menjadi masalah apabila tekanannya ditambah. Bertambahnya tekanan membuat bagian atas yang penuh kotoran teraliri air. Ini membuat air terkontaminasi oleh kotoran tersebut.

Ketika menghubungi call center PDAM dan masalahnya disebabkan oleh hal ini, saran yang diberikan pasti untuk menunggu hingga pipa bersih. Namun, pihak CS akan memberitahukan bahwa waktu tunggu hingga airnya bersih akan sedikit lebih lama. Selain itu, akan diberitahukan juga kapan alirannya kembali dibuat normal.

Tagihan Tidak Sesuai dengan Perkiraan

Call center juga wajib dihubungi apabila tagihan yang didapat terlampau besar dan di luar perkiraan. Sebenarnya ketika tagihannya tidak sesuai, bisa saja terjadi kesalahan pada sistem dan kamu mendapatkan refund. Namun, kondisi ini sangat jarang terjadi. Biasanya, bentuk dari permasalahan ini hanya laporan agar tidak terjadi masalah serupa.

Ketika call center PDAM dihubungi akibat ketidaksesuaian tagihan, hal pertama yang akan dijelaskan berhubungan dengan kebiasaan tidak mematikan keran air secara sempurna. Jika hal ini dilakukan, bisa saja tetesannya terus keluar sepanjang malam. Kondisi tersebut jelas bisa membuat tagihannya membengkak apabila dilakukan setiap hari.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menutup keran secara sempurna setelah menggunakan. Apabila kamu merasa sudah menutup keran secara sempurna, permasalahan selanjutnya sering disebabkan oleh kebocoran pada pipa konsumen. Ketika pipa konsumen bocor, air akan terus mengalir sepanjang waktu.

Ini membuat tagihan melonjak drastis. Jika kemungkinan ini ada, CS akan langsung mengkomunikasikannya dengan ahli. Setelah dikomunikasikan, ahli akan datang ke rumah kamu dan mencari bagian mana yang mengalami kebocoran.

Namun karena pelaporan dilakukan setelah kebocoran terjadi, tagihan sebelumnya tetap harus dibayar. Itu karena, kamu tidak melaporkan permasalahan ini secara berkala. Sebenarnya ketika menghubungi call center, kamu akan disarankan agar melakukan pengecekan meteran secara berkala. Biaya tagihan akan selalu sama dengan meteran.

Kamu sendiri pasti sudah tahu jumlah penggunaan harian yang biasa dilakukan. Apabila ketika melakukan pengecekan jumlahnya terasa tidak normal, akan lebih baik jika kamu langsung menghubungi pihak PDAM. Dengan itu, kemungkinan buruk seperti lonjakan harga dalam jumlah besar akan bisa dihindari.

Cara untuk Menghubungi Call Centernya

Ketika hendak menghubungi call center, kamu perlu mengetahui nomornya terlebih dahulu. Itu karena, nomor call center PDAM tidak seperti perusahaan lain yang kondisinya terpusat. PDAM menggunakan call center berbeda untuk setiap daerah. Biasanya, setiap kota memiliki call centernya sendiri.

Jika kebingungan mencari call center, kamu bisa melihat langsung ke sosial media dari perusahaan tersebut. Di setiap kota, telah dibuat sosial medianya masing-masing. Dengan itu, kamu bisa menghubunginya via pesan singkat di sosial media. Biasanya, PDAM paling aktif menggunakan twitter.

Pastikan untuk sigap dalam penggunaan call center. Akan menjadi pengalaman buruk jika masalah dirasakan dan kamu tidak bisa melakukan apapun. Lagi pula, menghubungi call center bukan perkara sulit. Sebenarnya, tetangga kamu juga pasti memiliki kontaknya. Dengan itu, kamu bisa tetap menghubungi call center PDAM secara langsung.

Baca Juga: