XL Call Center jadi provider andalan yang dekat dengan pelanggan
Pada akhir tahun 1996, ada perusahaan swasta pertama di Indonesia yang mendirikan layanan telepon seluler bersama dengan pusat panggilan XL. Sebelumnya bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk. Perusahaan swasta yang mampu menjadi salah satu kompetitor Telkomsel saat itu sebagai penyedia andalan pemerintah atau biasa disebut BUMN.
Meski swasta, mereka setidaknya mampu menjadi pesaing perusahaan negara yang lebih dominan di masyarakat dan dapat disentuh di berbagai tempat. Dulu, ketika masih menggunakan telepon dan SMS untuk berkomunikasi, faktor utama yang membuat masyarakat atau pengguna nyaman adalah adanya sinyal. Dari segi sinyal, XL juga cukup kuat di lokasi manapun.
Call center XL umumnya dimiliki dan disediakan oleh perusahaan ini. Karena penggunanya sangat global dan tidak memiliki keberadaan yang diketahui, mereka perlu disentuh dengan layanan terpusat. Sehingga mereka dapat mengetahui kendala apa saja di lapangan atau permasalahan yang masih muncul oleh penggunanya untuk mengevaluasi produknya di masa mendatang.
Karena sebuah produk dan perusahaan, setelah didirikan, pasti membutuhkan banyak kritik dan masukan dari penggunanya. Dengan cara ini, diharapkan ke depannya akan lebih baik lagi dan dapat menghidupkan persaingan layanan telepon seluler di Indonesia yang sebagian besar masih didominasi oleh perusahaan BUMN berupa Telkom sebagai penyedia jaringan telepon seluler.
Call center XL juga diharapkan dapat menjadi salah satu jembatan bagi perusahaan dan pengguna dalam komunikasi dan pemasaran. Karena dengan begitu orang dimanapun bisa tersentuh dan mendapatkan pemahaman tentang promosi dan apa saja produk menarik dari perusahaan ini. Sehingga, diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang tepat.
Begyndelsen af PT XL Axiata Tbk
Sebuah perusahaan, jika telah mencatatkan saham dan laporan keuangannya secara publik, jika berada di Indonesia di bursa efek Indonesia, maka keberadaan perusahaan tersebut sebenarnya tidak menyenangkan dan bisa menjadi salah satu pionir dalam industri yang digelutinya . Mereka layak dihargai dalam hal kinerja mereka karena mereka mampu menyajikan laporan keinginan mereka secara publik dan kemudian tersedia untuk semua orang.
Awalnya, perusahaan ini lebih tepatnya pada Oktober 1996, lalu bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk. Seiring berjalannya waktu, dengan kinerja yang lebih baik dan mampu menjangkau serta digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia, mereka mulai mengembangkan bisnisnya hingga perluasan nama perusahaan ini jelas akan menghadirkan call center XL.
Tepatnya pada tahun 2013, terobosan dilakukan oleh perusahaan ini dengan bisa melakukan akuisisi salah satu produk atau perusahaan Axis Telekom. Mereka melakukan akuisisi ini dengan beberapa catatan perjanjian penting di dalamnya. Di sisi lain, mereka juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan di luar Indonesia yang telah menorehkan namanya.
Mereka melakukan kerja sama dengan Saudi Telecom Company atau STC untuk jangka pendek dan Teleglobal Investment BV. Mereka sangat bersedia melunasi sebagian utang dan kewajiban poros ini. Jadi dengan begitu, mereka akan memiliki dua produk unggulan, yaitu XL sendiri sebagai produk lama dan Axis sebagai provider baru mereka, namun tetap menyediakan call center XL.
Tujuan Call Center
Call center memang sangat diperlukan untuk semua bisnis saat ini. Mereka membutuhkan sistem yang terintegrasi secara terpusat sebagai solusi bagi penggunanya yang ingin menyampaikan hambatan yang menimpa mereka. Sehingga, segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelesaian masalah dengan hambatan dapat diatasi secara langsung secara terpusat.
Keberadaan call center XL sangat penting bagi perusahaan ini. Apalagi setelah proses akuisisi sumbu, kinerjanya sangat teruji di sini. Produk semak ini lebih ramai dan banyak digunakan oleh masyarakat luas , sehingga banyak masalah yang jarang muncul. Call center tersebut akhirnya menjadi andalan mereka.
Sementara itu, jika perusahaan ingin membuat promo untuk pelanggannya, mereka juga dapat menggunakan call center ini sebagai koneksi mereka. Karena diyakini sistem ini mampu menjangkau semua tingkatan penggunanya di segala tempat, khususnya di Indonesia. Sehingga semuanya benar-benar bisa dilakukan secara terpusat.
Dari situ, daya tarik masyarakat dengan penyediaan call center XL menjadi salah satu keamanan dan kenyamanan tersendiri. Mereka tidak canggung untuk mengeluh ketika menghadapi berbagai masalah. Karena CS juga sangat ramah dan solutif. Semuanya dilakukan untuk kenyamanan pelanggan, dan nama baik perusahaan dipertahankan.
Call Center internal perusahaan
Perusahaan ini juga memperhatikan segala macam komunikasi dari karyawan atau karyawannya. Selain menyediakan pusat bantuan bagi pelanggan, mereka juga menyediakan akses komunikasi internal perusahaan bagi karyawan mereka. Jadi komunikasi bisa sangat dekat dan bisa terjadi kapan saja selama jam kerja antara karyawan atau atasan dan bawahan.
Layanan ini juga bisa menjadi salah satu cara perusahaan untuk mencakup semua jenis komunikasi yang tidak mereka ketahui. Call center XL, selain bermanfaat bagi pelanggan, juga sangat penting bagi karyawannya. Bagi perusahaan, ia juga memiliki pengaruh yang besar, terutama komunikasinya. Karena perusahaan , terutama manajemen, dapat mengetahui apa yang dibicarakan dan dikomunikasikan oleh karyawan.
Komunikasi antar karyawan sebenarnya sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan. Sama seperti tim , komunikasi menentukan progres PT XL Axiata Tbk. Layanan atau produk utama adalah digital atau seluler, jadi komunikasi adalah hal yang paling penting . Jadi itu juga harus mungkin dalam bisnis mereka sendiri.
Perusahaan diharapkan dapat menjadi andalan mereka dalam mengarungi ketatnya persaingan di industri ini dengan menghadirkan XL call center sebagai pusat pengaduan. Karena ketika masih menggunakan atau setelah menggunakan produk ini, diharapkan konsumen akan memiliki kesan positif dan mampu menjadi alat bagi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang.
Keuntungan menggunakan Jaringan XL
Setelah mengarungi pangsa pasar Indonesia dari tahun 1996 hingga 2021, mereka telah menyediakan sederet layanan telepon seluler yang mampu menjadi focal point bagi masyarakat untuk mengakses internet dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya dinilai konsisten dengan harga paket yang ditetapkan perusahaan ini dalam persaingan dengan penyedia lain.
Kemudian ada kelebihan lain dari segi kecepatan dan kestabilan sinyal di ponsel mereka saat menggunakan prime dari XL sendiri. Karena banyaknya jaringan 4G LTE di berbagai kota dengan tambahan 1.800 spektrum setelah akuisisi Axis, yang membuatnya sangat stabil dan dapat diakses dari mana saja dengan tetap menghadirkan XL call center sebagai solusi.
Diharapkan dengan hadirnya PT XL Axiata Tbk yang sudah berdiri sejak lama di Indonesia mampu menjadi salah satu penyedia jaringan telepon seluler terbaik bahkan dari sektor swasta sekalipun. Jadi, masyarakat memiliki banyak pilihan dalam menentukan sikap untuk menggunakan provider mana dan bisa mengeluhkan masalah pada call center XL.