Belanjahemat, Melibatkan Call Center Panin untuk Transaksi Lebih Aman

Panin Bank adalah salah satu bank yang selalu memprioritaskan keamanan transaksi nasabahnya dan menyediakan call center panin. Call center dari panin siap melayani Kamu kapan saja dengan sigap dan tanggap.

Semakin tingginya mobilitas transaksi Anda, maka semakin tinggi juga risiko keamanan rekening akan terbobol. Bukan rahasia umum lagi, jika sekarang banyak penjahat yang dapat mengeruk saldo rekening Kamu saat keamanan transaksi tidak terjamin.

Semakin canggihnya teknologi, maka kejahatan di dunia ini semakin canggih juga. Banyak orang yang tanpa disadari saldo rekening mereka dicuri oleh penjahat cyber. Hal ini jelas tidak ingin dialami oleh siapa saja. Namun bagi nasabah Panin, keamanan transaksi mereka sudah terjamin.

Walaupun suatu saat terjadi hal tidak diinginkan oleh nasabahnya, dengan layanan call center Panin semuanya akan segera ditangani sebaik mungkin. Untuk Kamu yang belum mengetahui layanan call center bank ini, maka kami akan mengenalkannya kepada Anda.

Layanan Call Center Panin Bank

Selayaknya call center yang dimiliki oleh bank lainnya, call center miliki Panin Bank juga melayani segala kebutuhan nasabah. Mulai dari layanan pengaduan saat sistem bermasalah, pengaduan kehilangan atm atau kartu kredit, permintaan penutupan akun bank atau atm, dan lain sebagainya.

Anda dapat menghubungi call center bank ini pada nomor 500678 (PSTN), 021-2515555 (IDD), atau 60678 (ponsel). Ketiga nomor tersebut dapat disesuaikan dengan cara menghubunginya, menggunakan telepon kabel atau ponsel.

Tips Menghindari Penipuan Melalui ATM

Selama ini tidak dapat dipungkiri, bahwa sangat banyak kasus penipuan yang melibatkan pengguna ATM. Penipuan tersebut banyak terjadi karena para nasabah sangat mudah tertipu dengan iming-iming uang tunai yang ditawarkan penipu.

Namun, pertama-tama nasabah tersebut diminta untuk mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu. Setelah itu, penipu akan kabur tanpa jejak. Masih banyak modus penipuan lain yang perlu Kamu ketahui. Bagi Kamu yang tidak ingin masuk kedalam perangkap tersebut, Panin Bank memiliki tips untuk menghindarinya.

  1. Abaikan SMS Undian

Modus penipuan yang paling sering terjadi di masyarakat diawali dengan pesan singkat yang berisi undian uang tunai. Kemudian, Kamu diminta untuk mengirimkan sejumlah uang kepada pengirim sms tersebut.

Jika Kamu menerima sms seperti itu, maka lebih baik diabaikan saja. Sebab, sudah pasti itu adalah penipuan atau Kamu juga dapat menghubungi call center Panin.

  1. ATM Tertelan

Kejadian ATM tertelan sudah lumrah sekali terjadi, namun ternyata kasus itu justru dimanfaatkan beberapa oknum untuk melancarkan niat jahatnya. Ketika Kamu mengalami kejadian tersebut, Kamu harus mewaspadai saat seseorang menawarkan bantuan untuk menghubungi call center Panin melalui ponselnya.

Lebih baik Kamu menghubungi call center lewat ponsel Kamu sendiri untuk meminta pemblokiran kartu dan memberikan informasi letak mesin ATM.

  1. Benda Mencurigakan di Mesin ATM

Sebelum melakukan transaksi di mesin ATM, Kamu harus memastikan terlebih dahulu tidak ada benda-benda aneh di sekitar mesin. Terutama di bagian card reader. Hubungi call center saat Kamu menemukan benda aneh di sekitar ATM.

Hal ini disebabkan banyak oknum yang sengaja menyimpan perangkat penghack kartu. Sehingga, saldo atm Kamu secara otomatis berpindah ke saldo penjahat tersebut.

Tips Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking

Penggunaan mobile banking kini sudah sangat luas dan bertambah dari hari ke hari. Hal ini disebabkan kemudahan yang didapatkan dari m-banking sangat membantu dalam segala jenis transaksi. Sama halnya dengan ATM, mobile banking juga tidak luput dari ancaman keamanan.

Namun, pihak Panin Bank memiliki tips aman bertransaksi menggunakan m-banking yaitu :

  1. Mengunduh Aplikasi M-Banking dari Sumber Resmi Panin Bank

Anda dapat mengunduh melalui playstore atau appstore, namun perhatikan perusahaan pengembangnya harus dari Panin Bank. Jika bukan berasal dari Panin Bank, maka Kamu jangan coba-coba untuk menggunakannya. Sebab hal itu sangat beresiko penipuan.

Namun jika Kamu sudah terlanjur mengunduhnya, maka Kamu dapat menghubungi call center panin untuk memblokir akun Kamu secepat mungkin.

  1. Menggunakan Jaringan Internet yang Aman

Ketika Kamu ingin membuka aplikasi m-banking, sangat disarankan untuk menggunakan jaringan internet pribadi dan memiliki sistem keamanan yang kuat. Sebab jika tidak, akun Kamu akan sangat rentan diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan menggunakan wi-fi umum.

  1. Mengganti PIN Secara Berkala

Untuk memperkuat keamanan akun m-banking Anda, sangat disarankan untuk mengubah PIN secara berkala. Sebab, bisa saja seseorang sudah menebak PIN tersebut dan melakukan hal merugikan.

  1. Hubungi Call Center Saat Kehilangan Telepon

Berhubung akun m-banking Kamu ada pi telepon tersebu, maka Kamu harus menghubungi call center untuk memblokir akun m-banking tersebut.

Tips yang Aman dari Pishing

Kejahatan pishing merupakan momok mengerikan bagi pemegang rekening. Pasalnya, pelaku akan mengambil segala data pribadi rekening kita. Dari mulai ID hingga PIN untuk mengambil saldo rekening Anda.

Pishing dapat dilakukan oleh pelaku dengan pembuatan website yang sangat mirip dengan website asli bank tujuan. Terkadang, tampilan web tersebut tidak dapat dibedakan dengan sekilas. Sehingga banyak orang yang tertipu. Berikut adalah tips untuk mencegah Kamu mengalami pishing.

  1. Selalu masuk ke alamat resmi bank. Meskipun memiliki tampilan yang identik, namun jika dilihat dari alamat situsnya pasti akan berbeda. Bagi para nasabah Bank Panin, pastikan situs yang Kamu masuki adalah panin.co.id.
  2. Jangan memberikan informasi mengenai ID dan PIN kepada siapa saja. Kedua hal tersebut adalah sepenuhnya hak Kamu dan bersifat rahasia.
  3. Jika Kamu mengalami Pishing, maka segera hubungi call center Panin untuk memblokir atau ditutu.
  4. Jangan klik tautan yang berisi tentang undian dan modus penipuan lainnya.

Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

Selain ATM dan mobile banking, internet banking juga sangat populer dan banyak penggunanya. Jenis transaksi ini juga memiliki ancaman layaknya jenis transaksi lain. Namun, tentu saja itu semua dapat dihindari dengan melakukan tips transaksi berikut ini.

  1. Mengakses situs resmi Panin saat akan bertransaksi adalah kunci keamanan yang paling utama.
  2. Saat mengakses situs, pastikan browser Kamu melakukan enskripsi SSL yang ditandai dengan munculnya tanda gembok pada bar atas. Jika tidak ada gambar gembok tersebut, Kamu harus segera log out karena sangat rentan peretasan terhadap akun banking Anda.
  3. Sebelum melakukan login Kamu harus benar-benar mengidentifikasi jika situs yang nda masuki sudah benar dan buka situs kloning.
  4. Menggunakan firewall sebagai pengaman komputer dari gangguan peretas atau cyber crime.
  5. Jangan pernah menunjukkan atau memberitahu ID dan PIN kepada orang lain, meskipun orang terdekat Anda.
  6. Pasang anti-virus agar menutup kemungkinan adanya peretasan atau kerusakan sistem karena virus tersebut. Hubungi call center Panin saat terlanjur terkena virus.

Keamanan segala jenis transaksi tentu sangat penting sekali dan perlu adanya jaminan dari pihak bank. Oleh sebab itu, Panin Bank selalu siap sedia melalui layanan call center Panin untuk membantu kamu.

Baca Juga: