Surabi Unik Topping Oncom Khas din Java de Vest : BursaLoker

Empat kue khas Jawa Barat dan resep sederhananya

Berbicara tentang makanan tradisional Sunda, sepertinya ada banyak resep kue khas Jawa Barat yang bisa dicoba. Jawa Barat terkenal dengan berbagai variasi hidangannya yang cenderung memiliki rasa pedas. Namun, bukan berarti mereka tidak memiliki hidangan spesial yang rasanya manis, lho!

Padahal, Jawa Barat memiliki banyak sekali hidangan tradisional yang rasanya manis dan lezat. Variasi hidangan tersebut telah menjadi favorit banyak keluarga. Uniknya, tidak hanya rasanya yang memanjakan lidah, bahan untuk memasaknya juga sangat sederhana. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak dengan mudah dan murah di mana saja.

Proses pembuatannya juga tidak sulit. Sehingga sangat cocok untuk pemula. Ada beberapa jenis dan resep masakan tradisional di Jawa Barat. Anda bisa mencoba resep kue khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kelapa dan nasi, bahkan dengan menggunakan peuyeum atau tape singkong.

Di antara puluhan jenis makanan manis di Jawa Barat, ada empat jenis kue tradisional yang paling terkenal dan paling diminati oleh banyak orang. Tidak perlu banyak bahan yang berubah-ubah untuk melengkapi hidangan, rasanya sudah sangat menggoda lidah. Selanjutnya adalah ulasan lengkapnya yang bisa Anda pahami.

Colenak, camilan manis legendaris Sunda Tanah

Salah satu hidangan khas daerah Jawa Barat yang disukai banyak orang adalah Colenak. Secara umum, Colenak sendiri mewakili kata “dicocol enak”. Maknanya terkait dengan konsep penyajian kue Colenak yang cara penyajian dan menikmatinya benar-benar dengan cara dikocok atau dicat dengan lelehan gula merah.

Resep kue khas Jawa Barat sendiri sangat sederhana. Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat Colenak sederhana. Anda hanya perlu pita singkong atau disebut juga peuyeum sebanyak 200 gram, kemudian 100 gram gula merah, 100 gram kelapa, dan 100 ml santan sebagai bahan utamanya.

Sebagai komponen tambahan, Anda juga membutuhkan sekitar 50 gram gula pasir dan 20 gram mentega. Jangan lupa tambahkan setengah sendok teh vanila untuk membuat rasa adonan semakin menggoda. Jika bahan-bahannya sudah siap, Anda sudah bisa mulai membuatnya. Caranya mudah dan cukup sederhana.

Anda hanya perlu membuat saus gula merah. Untuk melakukan ini, campur irisan gula merah dengan gula pasir di atas panci di atas api sedang. Aduk sampai gula merah meleleh dan campur dengan gula pasir. Setelah itu, campur dengan parutan santan dan kelapa. Masak sampai airnya menyusut.

Langkah terakhir dari resep kue khas Jawa Barat ini  adalah dengan memanggang selotip. Cukup dengan mengoleskan mentega secukupnya secara merata ke seluruh permukaan selotip. Jika demikian, Anda hanya perlu memanggang selotip sampai matang dan kecoklatan. Sajikan dengan saus gula sekarang juga, hidangan Colenak siap dinikmati.

Nikmati Kue Awug atau Dongkal yang manis dan legit

Selain kue Colenak sederhana, namun mampu memanjakan lidah, ada kue tradisional lain yang tak kalah favorit. Salah satu resep khas kue khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kelapa dan nasi adalah kue Dongkal atau dikenal juga dengan akag cake. Hidangan ini juga sangat sederhana.

Secara visual, jenis hidangan tradisional ini hampir mirip dengan menyajikan kue yang bau. Namun, bahan yang digunakan sangat berbeda. Ya, kue ini menggunakan tepung beras serta kelapa, dan kembali dikukus gula merah secara bersamaan. Bentuk kuenya cukup unik, yaitu seperti tumpeng mini.

Cara melakukannya tidak kalah mudah dari Colenak saat ini. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tepung beras, kelapa parut, kemudian gula merah parut, beberapa daun pendrin, serta garam beberapa jumput sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk langkah pertama, pastikan untuk mengukus tepung beras yang dicampur dengan sedikit garam.

Setelah itu, Anda bisa mulai memasukkan tepung kukus ke dalam cetakan. Pertama-tama isi seperempat cetakan, lalu timpa dengan gula merah parut secukupnya sampai menutupi permukaannya. Kemudian timpa lagi dengan adonan tepung. Ulangi pada tiga lapisan. Setelah langkah, kukus bersama dengan semuanya.

Anda bisa menyajikan resep kue khas Jawa Barat ini dari tepung kelapa dan nasi menggunakan parutan kelapa. Sebelum disajikan, pastikan untuk mengukus kelapa parut terlebih dahulu. Cukup beberapa saat tekstur kelapa masih ada, lalu kue Awug siap disantap selagi hangat bersama keluarga.

Surabi Unik Topping Oncom Khas din Java de Vest

Tak hanya jajanan manis saja yang menjadi ciri khas masakan Jawa Barat. Hidangan asin juga menjadi makanan favorit semua kalangan. Anda tentu tidak akan terbiasa dengan hidangan ini. Ya, serabi. Serabi tidak hanya tersedia di wilayah Jawa Barat.

Serabi adalah jenis kapal yang ringan dan serbaguna. Namun, yang unik dan sangat khas dari wilayah Sunda adalah penggunaan topping. Jika biasanya serabia disajikan dengan topping gula merah atau kuah santan manis, berbeda dengan serable yang berasal dari wilayah Jawa Barat, di mana sebenarnya asin.

Kue dan resep khas Jawa Barat ini berbeda dengan resep khas serabia pada umumnya, terutama pada topping. Topping yang biasa digunakan pada serabi ini adalah topping oncom. Tentunya, camilan ini cenderung memiliki rasa asin dan sedikit pedas. Sempurna untuk Anda penggemar makanan asin.

Untuk membuat kue ini juga cukup mudah. Sekali lagi, bahan yang digunakan sangat sederhana, yaitu menggunakan tepung beras. Tak hanya itu, ada juga beberapa bahan tambahan lainnya seperti tepung terigu, lalu ada tambahan santan, lalu parutan kelapa, baking powder, dan baking soda untuk adonannya.

Campurkan semua bahan dan mulailah memasak di wadah anti lengket sampai lubang kecil muncul di permukaan. Jika lubang telah muncul, Anda bisa mulai menaburkan topping oncom pada serabia, lalu tutup serabia sampai matang. Sajikan selagi masih hangat agar lebih nikmat di mulut Anda.

Misro sebagai varian kue dan resep Jawa Barat

Makanan khas lain dari Jawa Barat yang sangat terkenal dan disukai hampir semua orang adalah Misro. Antena Misro sendiri berarti “Amis di Jero” yang dalam bahasa Sunda berarti “manis di dalam”. Inilah konsep hidangan legendaris yang terbuat dari singkong.

Secara umum, misro ini adalah gorengan yang mirip dengan comro. Bedanya, jika comro mengandung oncom yang memiliki rasa asin dan pedas, misro sebenarnya memiliki rasa manis, karena singkong diisi dengan gula merah. Tentu saja, hidangan ini tidak kalah enaknya dengan versi asinnya saat ini.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu 500 gram singkong, lalu diparut hingga halus. Ini juga menyediakan setengah sereal kelapa parut halus, serta gula merah, yang juga merupakan irisan halus. Campurkan semua bahan menjadi satu kecuali gula merah, tambahkan garam secukupnya.

Isi adonan dengan gula merah sekarang, bentuk menjadi bola memanjang. Setelah itu, goreng sampai matang dan bagian luarnya berubah menjadi kuning keemasan atau, jika Anda suka, bisa sedikit cokelat. Kemudian angkat dan tiriskan.

Misro siap disajikan saat masih hangat dan saat gula meleleh sempurna. Nah, sekarang kamu bisa memilih makanan tradisional apa yang kamu suka dan ingin lakukan untuk orang-orang terdekatmu. Pastikan untuk mencoba resep kue khas Jawa Barat ini di rumah dan coba rasanya.

Read More :